RUKUN WARGA 011 PERUM BEKASI TIMUR REGENSI

-

Wednesday, November 1, 2017

Profil Kecamatan Setu

Bekasi - Kecamatan Setu merupakan salah satu dari 23 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi. Kecamatan Setu letaknya di daerah selatan Bekasi, tepatnya berbatasan langsung dengan kecamatan Cileungsi Bogor di bagian selatan dan kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi di bagian barat.dan Kecamatan Cikarang Selatan dan serang Baru di bagian timur.
 
 
Kecamatan Setu terdiri dari 11 desa yaitu Desa Burangkeng, Cibening, Cijengkol, Cikarageman, Ciledug, Kertarahayu, Lubang Buaya, Muktijaya, Ragemanunggal, Taman Rahayu, dan Taman Sari.
 
 
 
Kecamatan Setu merupakan salah satu daerah penghasil komoditas perkebunan, diantaranya rambutan dan salak serta melinjo. Sedangkan untuk pertanian, berupa tanaman padi, tidak terlalu berpotensi karena di daerah ini pegairannya hanya mengandalkan curah hujan.Bisa di sebut daerah tadah hujan.Lebih banya ladang dari pada sawahnya.
 
 
 
Kecamatan Setu belum ada industri besar, namun dibeberapa daerah Setu industri kecil mulia tumbuh. Bahkan,pada masa orde baru ada satu daerah di kecamatan Setu yang dijadikan sebagai pusat industri kerajinan imitasi, namun di era sekarang ini, pusat industri kecil tersebut kondisinya lesu.
 
 
 
Kecamatan Setu berdekatan dengan kawasan industri yang terletak di wilayah Kecamatan Cikarang Barat yaitu MM2100, saat ini Setu sedang menuju sebagai wilayah permukiman dengan berbagai pengembang yang membangun perumahan dengan segala tipe.Sudah banyak di Setu berdiri berbagai Perumahan diantaranya Griya Mustika Media dan lain sebagainya.
 
 
 
Jika dilihat dari segi penduduknya, Setu terbagi kedalam 2 kelompok besar, di wilayah utara yang terdiri dari desa Cijengkol dan Lubang Buaya adalah desa yang bersuku Betawi, sedangankan 8 desa di wilayah selatan adalah desa yang bersuku Sunda. Namun ada satu lagi yang menarik, yaitu satu desa diwilayah tengah yang berbahasa Betawi, padahal desa ini dikelilingi oleh desa-desa yang berbahasa Sunda.

Share:

0 komentar:

Post a Comment




Copyright © Media Informasi Rukun Warga 011 | Powered by Sudiyo.ST Distributed By erwesebelas.com & Design by BE IT SOLUTION | Kab.Bekasi New